October 25, 2009

roro feri operation in nusa penida



kapal ferry jenis roro yang bernama kapal ferry nusa jaya abadi sudah beroperasi 3 tahun. kapal ferry ini telah menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat nusa penida khususnya dalam hal penyeberangan hingga perekonomian di nusa penida mulai membaik. sehingga proses penyeberangan kapal ferry ini banyak yang menumpang. namun apakah selama tiga tahun ini penumpang telah merasakan kenyamanan???


nusa penida yang di pisahkan oleh jarak laut yang cukup jauh dengan penyeberangan 1 jam. dermaga nusa penida yang telah rampung menjadi kawasan pemandangan yang cukup baik di sana. dalam hal penyeberangan, kapal nusa jaya abadi ini berlayar bolak balik dari dermaga nusa penida ke pelabuhan padang bai, yang kini dalam hal peminjaman pelabuhan. rencananya di klungkung daratan yakni di gunaksa akan di bangun dermaga yang menyandarkan kapal ferry nusa jaya abadi. berkaitan dengan rencana itu, tentu akan memperlacar arus penyeberangan, hingga beberapa kali penyeberangan. dan kemungkinan bisa di tambahkan lagi satu kapal, yaitu kapal di gunaksa. 


tiket adalah hal yang tidak mudah bagi kita untuk mendapatkannya, khususnya tiket motor dan mobil. apalagi di hari raya besar agama hindu seperti galungan, kuningan, dan nyepi, dan yang lainnya akan sangat banyak penumpangnya. harga tiket untuk satu orang adalah Rp 15.000, tiket satu motor dengan satu orang adalah Rp 35.000, kemudian tiket mobil di sesuaikan dengan golongan tertentu, misalnya mobil pribadi harganya seratus ribu lebih. ada hal yang menarik kita lihat dari kapal ferry nusa jaya abadi ini adalah pemedek yang dari bali sedang tirta yatra ke nusa penida, bukan hanya di kapa saja, akan tetapi juga terlihat di jenis transportasi laut lainnya seperti boat.

0 komentar:

Post a Comment

bagaiamana menurut anda tentang artikel saya